We are Vodea
Simplicity behind
digital transformation
We deliver impact for businesses through mobile, website,
and strategy.

Maintenance Website: Pengertian, Manfaat, dan Alasan Pentingnya

November 28, 2022
SHARE
project-image

Maintenance website adalah upaya rutin untuk menjaga kinerja dan performa situs. Faktanya, pemeliharaan website dapat meningkatkan ranking dan konversi. Karena pemeliharaan website adalah tugas wajib setiap webmaster, maka Anda perlu memahami pentingnya pemeliharaan website dan cara melakukannya.

Apa itu Maintenance Website?

Maintenance website adalah proses menjaga situs web agar tetap berjalan lancar, up-to-date, serta memberikan hasil yang maksimal. Sederhananya, situs web juga perlu diperbaiki layaknya kendaraan membutuhkan service rutin. Bedanya, pemeliharaan situs web bukan karena rusak, namun karena faktor eksternal.

Situs web adalah perangkat lunak. Secara teknis, perangkat lunak tidak bisa rusak. Namun dalam operasinya, banyak faktor eksternal yang mempengaruhi kinerja situs web. Mulai dari algoritma Google, update informasi, tren pemasaran, dan masih banyak lagi. Hal-hal itulah yang menjadi alasan pentingnya pemeliharaan situs.

Pentingnya Maintenance Website

Website maintenance adalah upaya memelihara situs web yang dilakukan secara berkelanjutan. Semua orang mengakui pentingnya upaya ini. Jika Anda tidak melakukannya, maka situs Anda lambat laun akan tergeser oleh situs kompetitor.  Beberapa alasan mengapa Anda harus melakukannya, yaitu:

1. Hosting Butuh Perawatan

Pentingnya pemeliharaan website yang pertama adalah untuk menjaga performa hosting. Perangkat hosting yang Anda sewa untuk menjalankan situs web juga memerlukan perawatan. 

Agar situs Anda tetap bekerja dengan baik, maka pihak penyedia hosting pasti perlu melakukan perbaikan secara berkala. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Hosting provider tahu betul cara melakukan pemeliharaan tanpa mengganggu kinerja situs Anda. 

Provider akan menerapkan mekanisme khusus agar uptime situs Anda tetap tinggi sesuai yang mereka janjikan. Hal yang perlu Anda lakukan hanyalah mematuhi ketentuan yang ditetapkan provider.

2. Algoritma Google yang Berubah

Maintenance website adalah bagian dari optimasi SEO. Karena algoritma Google terus mengalami pembaruan, maka Anda juga harus menyesuaikan diri dengan pembaruan tersebut. Setiap kali Google melakukan update algoritma, maka Anda juga harus segera melakukan penyesuaian untuk mempertahankan ranking.

Sayangnya, Google kerap melakukan pembaruan di waktu yang tidak terprediksi. Situasi SERP juga bisa berubah dalam sekejap. Tidak ada cara lain selain mengikuti update algoritma Google. Oleh karena itu, pemeliharaan website adalah solusi untuk menyesuaikan SEO situs dengan algoritma terbaru dari Google.

3. Kebutuhan akan Website yang Cepat

Menurut situs WebFX, 83% pengguna internet mengharapkan loading situs web tidak lebih dari 3 detik. Jika loading situs Anda lambat, maka bounce rate Anda pasti juga tinggi. Oleh karena itu, Anda harus rajin melakukan pemeliharaan situs. 

Tujuannya, tentu saja untuk menjaga situs Anda tetap bekerja dengan cepat sesuai harapan pengguna. Dahulu, terjadi lompatan besar saat fitur lazy load mulai memasuki pasar web development

Setelah itu, Google kembali membuat gebrakan dengan fitur AMP yang berfokus pada kecepatan situs di perangkat mobile. Ke depannya, Anda harus selalu siap untuk menghadapi jenis ‘nitro’ baru guna mempercepat loading situs.

Manfaat Maintenance Website

Website maintenance adalah upaya yang akan memberikan banyak manfaat pada situs Anda. Baik dari segi performa, SEO, maupun bisnis secara keseluruhan. Selain itu, Anda juga bisa memberikan pengalaman yang lebih memuaskan kepada pengguna. Beberapa manfaat besar yang akan Anda dapatkan dari upaya ini, yaitu:

1. Meningkatkan Kualitas Konten Website

Manfaat maintenance website pertama adalah untuk meningkatkan kualitas konten. Konten adalah senjata dalam pemasaran melalui situs web. Oleh karena itu, Anda harus rajin memperbarui konten Anda agar tetap ‘tajam’. Terlebih lagi jika konten Anda memuat topik yang cepat mengalami perubahan.

Misalnya, topik konten ekonomi dan bisnis. Setiap harinya, Anda perlu mengunggah konten baru dan memperbarui konten lama mengenai dunia ecobiz. Tujuannya tentu saja agar pengguna mendapatkan apa yang mereka cari. Selain itu, struktur konten pun harus Anda perbarui agar lebih rapi dan sesuai dengan algoritma Google.

2. Meningkatkan Rank Website

Manfaat kedua adalah untuk meningkatkan ranking. Walaupun situs Anda hari ini berada di peringkat teratas SERP, namun tidak ada yang jaminan bahwa besok pagi Anda masih tetap ranking satu. Algoritma Google dapat berubah sewaktu-waktu, sehingga Anda juga harus siap mengikutinya kapan saja.

Ketika melakukan pemeliharaan, Anda berpeluang untuk menaikkan ranking. Faktanya, Google juga menyukai situs dan konten yang rajin dioptimasi. Sebaliknya, jika Anda membiarkan situs Anda begitu saja, lama-kelamaan peringkatnya akan turun. Jangan lupa, page one Google adalah pintu utama pemasaran via SERP.

3. Kualitas SEO Website Lebih Baik

Manfaat maintenance website ketiga adalah untuk meningkatkan kualitas SEO. Perlu Anda ketahui bahwa, SEO bukan hanya tentang ranking dan page one. Lebih dari itu, SEO adalah panduan Google tentang cara terbaik menjalankan situs web. Semakin baik SEO Anda, semakin bagus pula hasil yang akan Anda dapatkan.

Oleh karena itu, memelihara situs agar lebih SEO friendly sangatlah penting. Di dalamnya mencakup optimasi teknikal dan konten serta on page maupun off page. Tidak hanya untuk memenangkan hati Google, tetapi juga untuk merayu pengguna agar tertarik membeli produk Anda. Bukankah ini tujuan utama Anda?

Sudah Tahu Pentingnya dan Manfaat Maintenance Website?

Maintenance website adalah salah satu spesialisasi Vodea. Vodea sendiri merupakan Digital Production & Strategy yang sangat memahami kebutuhan bisnis Anda. Mellaui filosofi “Every business is unique”, Vodea meramu formula khusus untuk setiap bidang bisnis. Siap mentransformasi situs web Anda bersama Vodea?