We are Vodea
Simplicity behind
digital transformation
We deliver impact for businesses through mobile, website,
and strategy.

8 Tips Menulis Artikel SEO-Friendly yang Wajib Anda Ketahui!

April 23, 2024
SHARE
project-image

Summary

Penulisan artikel untuk situs web tidak dapat dipisahkan dari yang namanya SEO (Search Engine Optimization). Dengan struktur Artikel yang SEO-friendly, hasil tulisan sekaligus situs web Anda dapat semakin “dilirik” oleh mesin penelusuran. 

Tetapi, sebenarnya apa itu Artikel SEO-friendly? Apa saja tips yang perlu diketahui dalam penulisan artikel tersebut?

1. Apa Itu Artikel SEO-Friendly?
Gambar 1.jpg

Artikel SEO-friendly merupakan karya tulis di blog situs web dibuat berdasarkan ketentuan yang berlaku di mesin penelusuran. 

Hal ini dilakukan agar artikel tersebut dapat mudah dipahami oleh SERP/Search Engine Result Page sehingga peluang untuk ditampilkan di halaman teratas mesin pencarian semakin besar juga.

Artikel SEO-friendly biasanya ditandai dengan struktur dan bahasa yang mudah dipahami, mengandung informasi penting, serta mengandung keyword-keyword tertentu yang sedang banyak dicari masyarakat umum. 

Misalnya, orang-orang sedang banyak mencari “resep milk bun.” Nah artikel-artikel yang SEO-friendly biasanya akan menempatkan keyword yang relevan di tulisan mereka. Misalnya: “Resep Thai Milk Bun,” “Thai Tea Milk Bun,” “Cara Bikin Milk Bun,” dan lain-lain. 

Selain untuk memberikan informasi untuk masyarakat, hal ini dilakukan agar artikel mereka dapat ditampilkan di halaman pertama mesin penelusuran seperti Google, dan lain sebagainya.   

2. Perbedaan Artikel SEO-Friendly dengan Artikel Biasa

Sebenarnya artikel biasa dengan artikel SEO-friendly kurang lebih merupakan dua hal yang serupa. Keduanya merupakan karya tulis yang berfungsi untuk memberikan informasi yang penting dan mudah dipahami oleh pembaca.

Namun, artikel biasa hanya bertujuan untuk memberikan informasi kepada para pembaca tanpa memperhatikan keyword yang sedang hangat dibicarakan masyarakat. 

Sementara itu, artikel SEO-friendly punya fungsi yang lebih luas lagi. Tidak hanya untuk memberikan informasi saja, artikel ini juga bertujuan untuk mengoptimasi performa artikel melalui penggunaan keyword-keyword yang relevan di mesin penelusuran.

Seperti yang dilansir di cmlabs.co, artikel SEO-friendly merupakan artikel yang mudah dipahami masyarakat sekaligus mesin penelusuran!

3. Tips Menulis Artikel SEO-Friendly

3.1. Riset Keyword yang Relevan

Gambar 3.1..jpg

Sebelum menulis artikel, tentunya Anda perlu menemukan mana keyword yang volume pencariannya besar. Pastikan kata kunci tersebut sesuai dengan apa yang situs web/web perusahaan Anda tawarkan.

Misalnya situs Anda berfokus ke penawaran jasa digital marketing. Anda bisa saja mencari keyword seperti SEO, Niche, Copywriting, dan masih banyak lagi.

Untuk mempermudah proses riset keyword, Anda bisa menggunakan tools-tools yang tersedia di luar sana, baik Google Keyword Planner, Semrush, Ahrefs, dan masih banyak lagi. 

3.2. Tentukan Tema yang Evergreen

Tema artikel yang evergreen merupakan tema yang akan selalu dicari oleh masyarakat kapan pun, tidak peduli tren apa yang sedang viral pada saat itu. Dengan kata lain, artikel yang bersifat evergreen otomatis sangat SEO-Friendly.

Anda bisa meningkatkan traffic situs web dengan membuat artikel blog yang evergreen sekaligus SEO-Friendly. Caranya pun mudah. Anda cukup membuat artikel yang bisa langsung diterapkan oleh masyarakat umum, misalnya tutorialhow-to’s, tips & trick, dan masih banyak lagi. 

Selanjutnya, Anda tinggal sesuaikan saja dengan keyword-keyword yang sedang viral belakangan ini (misalnya seperti contoh “resep milk bun” tadi).

3.3. Buat Struktur Artikel yang Mudah Dipahami

Gambar 3.3..png

Pembaca lebih menyukai artikel yang terstruktur dan memiliki judul dan sub-judul yang jelas. Biasanya artikel yang terarah akan memiliki bagian judul, pembuka/summary, isi, dan penutup.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk selalu memakai fungsi Heading (H1, H2, H3, dan seterusnya) di Microsoft Word atau Google Docs. Hal ini bertujuan agar pembuatan judul dan subjudul artikel bisa semakin rapi dan terarah.

Agar lebih jelas, berikut merupakan contoh struktur artikel yang dapat dipahami oleh masyarakat umum.

3.4. Buat Judul & Isi Artikel yang Eye-Catching & Berbobot

Saat menulis artikel yang SEO-friendly, penting bagi Anda untuk selalu membuat judul dan isi artikel yang memikat dan menarik perhatian masyarakat. Artikel yang Anda buat harus bermanfaat dan informatif, tetapi tidak membuat jenuh. 

Hal ini bisa dilakukan dengan cara membuat judul dan subjudul yang menganut unsur clickbait, tetapi masih relevan dengan topik pembahasan. Misalnya: “Blokir Creative Blocks dengan 5 Tips Ini!”

Isi artikel yang Anda tulis pun harus berbobot. Pastikan bahwa bahasanya mudah dipahami, informatif, bisa langsung dipraktekkan pembaca, dan sudah diteliti secara mendalam.  

3.5. Jangan Terlalu Sering Mengulang Keyword

Walaupun keyword menjadi hal yang krusial untuk penulisan artikel, tapi bukan berarti Anda harus mengulang-ulangnya secara terus-terusan. Tulisan yang repetitif hanya akan membuat pembaca semakin cepat merasa bosan.

Untuk mengatasi hal ini, usahakan Anda menyebarkan kata kunci secara strategis. Anda bisa parafrase, atau menambahkan kata kunci di bagian-bagian yang memang penting, misalnya judul, sub-judul, summary, atau kesimpulan saja.

Cara alternatif untuk mengatasi ini adalah dengan menghitung keyword density/kepadatan kata kunci. Rumusnya adalah sebagai berikut:

Gambar 3.5..png

3.6. Perhatikan Panjang Artikel

Dilansir dari Yoast SEO, rekomendasi panjang sebuah artikel adalah minimal 300 kata untuk postingan-postingan biasa. 

Hal ini disebabkan karena semakin besar jumlah katanya, semakin mudah pula bagi mesin penelusuran untuk melacak artikel Anda. semakin mudah dilacak, semakin besar pula peluang artikel Anda ditampilkan di halaman depan mesin penelusuran.

Apabila isi artikel lebih rumit dan memerlukan penjabaran yang cukup panjang, Anda bisa menulis setidaknya 1000 kata lebih. Namun, usahakan informasi yang diberikan tetap jelas, tidak bertele-tele, dan mudah dipahami.

3.7. Sertakan Link

Lampiran link, baik internal (link ke situs web Anda) maupun eksternal (link ke luar situs web), ternyata bisa bermanfaat untuk meningkatkan SEO artikel. Pasalnya, Anda tidak hanya meningkatkan nilai SEO dari artikel yang dibuat saja, melainkan juga artikel yang dicantumkan.

Baik internal maupun eksternal, semuanya punya kegunaannya masing-masing. Link internal dapat dipakai untuk mempromosikan artikel lain di situs web anda, sedangkan link eksternal dapat dipakai untuk mencantumkan sumber bacaan dan meningkatkan kredibilitas.

3.8. Perhatikan Meta Title & Description

Meta title dan meta description adalah tulisan yang ditampilkan di halaman situs penelusuran. Meta title tidak harus sama dengan judul artikel, namun apabila mau sama persis juga tidak masalah, asalkan tetap menarik untuk dibaca.

Pastikan meta title artikel Anda tidak melebihi 60 karakter, sementara meta description tidak boleh melebihi 160 kata. Usahakan meta title dan description Anda singkat, jelas, eye-catching, dan mengandung kata kunci di dalamnya.

Penutup

Itulah 8 tips menulis artikel SEO-friendly yang wajib Anda ketahui. Selain membuat artikel yang bermanfaat untuk masyarakat, penting juga untuk menulis artikel yang sesuai dengan kaidah SEO agar situs web Anda bisa selalu tampil di halaman terdepan mesin penelusuran. 

Bicara soal optimasi situs web, Anda pun juga bisa bekerja sama dengan Vodea agar performa situs web Anda bisa semakin optimal dan menarik banyak audience baru. Segera cek “Contact” kami dan mulai buat situs web impian Anda dengan Vodea!