We are Vodea
Simplicity behind
digital transformation
We deliver impact for businesses through mobile, website,
and strategy.

Mobile Apps: Pengertian dan Manfaatnya dalam Bisnis!

January 9, 2023
SHARE
project-image

Seiring perkembangan dunia digital, mobile apps adalah salah satu bentuk teknologi  yang sangat bermanfaat bagi bisnis. Manfaat seperti promosi produk, transaksi penjualan, serta media komunikasi dapat dikembangkan melalui aplikasi ponsel ini. Selain itu, aplikasi ponsel juga dapat memudahkan manusia dalam banyak hal.

Bahkan, hingga saat ini, aplikasi ponsel juga telah banyak digunakan oleh beberapa sektor industri di berbagai negara. Mulai dari kesehatan, pendidikan, marketing, ekonomi, manufaktur, dan lain sebagainya. Karena banyak manfaatnya, aplikasi ponsel kini menjadi suatu kebutuhan bagi perkembangan bisnis di era digital.

Apa itu Mobile Apps (Aplikasi Mobile)?

Mobile apps adalah perangkat lunak atau software berbentuk aplikasi yang dikembangkan dengan menggunakan program komputer, untuk kemudian dapat berjalan pada sebuah perangkat ponsel dengan tujuan yang spesifik.

Awalnya teknologi ini muncul di era tahun 2000-an, yaitu sekitar tahun 2009. Aplikasi ponsel ini merupakan bentuk pengembangan dari rancangan aplikasi sebelumnya yang pertama kali dikembangkan pada tahun 2002. Fungsinya, yaitu sebagai media bertukar informasi antar sesama pengguna aplikasi saja.

Namun pada saat itu, perkembangan teknologi ini masih terbatas dengan penggunaan yang kurang spesifik. Hingga saat ini, aplikasi mobile lebih populer sebagai smartphone app yang sistem perancangannya telah support untuk berbagai jenis ponsel pintar dengan fungsi dan kegunaan yang beragam.

Bahkan, keberadaan aplikasi mobile kini tidak hanya sebatas sebagai media pertukaran informasi saja. Secara spesifik, kini aplikasi mobile menjelma menjadi platform penyedia berbagai layanan yang berfungsi sebagai komersial aplikasi dan terbentuk mengikuti perkembangan digital serta bisnis era globalisasi.

Manfaat Mobile Apps bagi Bisnis

Setelah mengetahui apa itu mobile apps, Anda tentu penasaran apa saja fungsi dan manfaat penggunaan teknologi ini bagi sebuah bisnis. Berikut penjelasan lengkapnya:

1. Proses Bisnis Meningkat

Bagi sebuah perusahaan, penggunaan aplikasi mobile sangatlah penting untuk meningkatkan proses dan operasional bisnis. Hal tersebut dapat terlihat dari banyaknya penggunaan aplikasi mobile seperti Whatsapp, Google Meet, Instagram, dan lainnya sebagai media pendukung kegiatan bisnis.

2. Mengurangi Human Error dalam Bisnis

Kedua, fungsi mobile apps yaitu sebagai aplikasi pendukung untuk mengurangi human error dalam kegiatan bisnis. Penggunaan aplikasi mobile yang memiliki fungsi utama sebagai platform untuk mempermudah manusia, ternyata semakin berkembang sebagai media pendukung kegiatan bisnis.

Hasilnya, penanganan bisnis seperti pengisian formulir data informasi, data keuangan, hingga aplikasi pengelolaan bisnis secara keseluruhan dapat dikembangkan secara optimal. Sehingga, aplikasi ini dapat mempermudah pekerjaan dan meminimalisir tingkat kekeliruan yang berpotensi menghambat bisnis.

3. Bisnis jadi Lebih Terlihat Profesional

Melalui penggunaan aplikasi mobile, pelanggan bisa mengakses layanan bisnis dalam bentuk digital program dengan tampilan yang menarik. Tentu saja, hal ini akan membuat kredibilitas bisnis tampak lebih profesional. 

Selain itu, profesionalisme dan kredibilitas yang tercipta lewat akses digital ini juga akan mempengaruhi tingkat kepercayaan konsumen terhadap bisnis Anda. Hal tersebut akan sangat bermanfaat untuk proses branding perusahaan. Terutama bagi Anda yang saat ini mengelola bisnis dengan taraf startup.

4. Sebagai Media Promosi dan Pemasaran

Manfaat mobile apps selanjutnya, yaitu sebagai platform atau media promosi dan pemasaran produk. Melalui aplikasi mobile, produk yang Anda jual akan memiliki wadah tersendiri untuk melakukan pemasaran produk dan promosi. 

Misalnya, promosi lewat feed aplikasi atau direct messages ke banyak konsumen. Melalui metode ini, seluruh informasi bisnis dan penawaran produk kepada konsumen menjadi lebih tertarget. 

Anda juga dapat menggunakan fitur Push Notifications untuk memberikan penawaran khusus bagi konsumen tetap Anda. Selain itu, melalui aplikasi mobile, Anda juga dapat membuat fitur transaksi agar seluruh aktivitas penjualan produk dalam bisnis dapat terkelola secara efisien.

5. Strategi untuk Memenangkan Persaingan Bisnis

Salah satu fungsi mobile apps yang mungkin jarang disadari oleh para pebisnis adalah sebagai platform yang bermanfaat untuk memenangkan persaingan bisnis. Jika Anda membuat aplikasi dengan fitur lengkap dan akses yang mudah, tentu saja konsumen akan memilih aplikasi produk Anda ketimbang kompetitor.

6. Memperluas Target Pasar

Penggunaan aplikasi mobile juga sangat efektif untuk memperluas target pasar. Melalui metode optimasi yang tepat, tentu saja aplikasi Anda dapat terakses oleh lebih banyak pengguna di internet. Terlebih lagi, saat ini banyak sekali pengguna yang berselancar untuk memperoleh informasi dari internet.

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan platform seperti Google Playstore dan Appstore sebagai media promosi. Sehingga, aplikasi mobile bisnis Anda dapat menjangkau target yang jauh lebih luas. Jika unduhan aplikasi meningkat, tentu saja bisnis akan memiliki target pasar dengan jangkauan yang lebih menyeluruh.

Contoh Mobile Apps Bisnis yang Populer

Hingga saat ini, telah banyak sekali aplikasi mobile untuk bisnis yang sudah populer di masyarakat Indonesia. Mulai dari aplikasi transportasi umum, belanja online (e-commerce), edukasi, hingga keuangan. 

Bahkan, aplikasi-aplikasi tersebut memiliki manfaat yang sangat banyak bagi kebutuhan masyarakat. Sehingga, sejak awal kemunculannya hingga kini, aplikasi tersebut masih menjadi trending dengan jumlah unduhan mencapai ratusan juta. Apa saja aplikasi tersebut? Berikut beberapa di antaranya:

  • Gojek
  • Shopee
  • Lazada
  • Google Drive
  • Zoom Meet
  • Grab
  • Traveloka
  • Dana
  • Kredivo
  • Peduli Lindungi

Sudah Tahu Manfaat Penggunaan Mobile Apps dalam Bisnis?

Itulah penjelasan tentang manfaat mobile apps bagi bisnis. Aplikasi mobile penting, karena memiliki fungsi dan manfaat optimal bagi seluruh kegiatan operasional bisnis. Karena itu, jika Anda membutuhkan layanan pembuatan aplikasi mobile untuk bisnis, Anda bisa menggunakan jasa dari Vodea

Vodea merupakan Digital Company yang dapat mendukung bisnis dengan transformasi digital. Seluruh layanannya sangat berkualitas dengan tim yang profesional. Mari, kembangkan bisnis Anda dengan dukungan teknologi terbaik dari Vodea!