We are Vodea
Simplicity behind
digital transformation
We deliver impact for businesses through mobile, website,
and strategy.

Manfaat dan Fungsi Aplikasi dalam Proses Bisnis Anda

December 12, 2022
SHARE
project-image

Saat ini, sudah banyak pebisnis yang merasakan fungsi aplikasi dalam bisnis yang dijalankannya. Lewat aplikasi tersebut, pebisnis tetap bisa berinteraksi dengan para pelanggan serta mampu menjaga kestabilan produk yang mereka jual. Akan tetapi, manfaat penggunaan aplikasi bukan hanya itu. Lalu, apa saja?

Fungsi Aplikasi dalam Proses Bisnis

Berikut beberapa manfaat aplikasi untuk bisnis yang harus Anda ketahui:

1. Memperluas Pemasaran

Fungsi perangkat lunak aplikasi bisnis yang pertama yaitu untuk memperluas pemasaran. Anda tentu menyadarinya bahwa sekarang masyarakat sudah banyak yang mempunyai smartphone dan tersambung ke internet. Biasanya mereka memanfaatkan ponselnya tersebut untuk berselancar di dunia maya.

Bahkan bukan hanya satu jam, melainkan dalam satu hari mereka bisa menghabiskan waktu berjam-jam untuk scrolling. Ini sebenarnya menjadi keuntungan tersendiri di mana bisnis Anda bisa lebih mudah menjangkau pasar. 

Melalui penerapan fungsi aplikasi untuk bisnis tersebut, target Anda tidak terbatas hanya di sekitar lokasi bisnis. Anda jadi lebih mudah menjangkau target pasar hingga yang berasal dari luar negeri. Maka dari itu, Anda benar-benar harus memaksimalkan penggunaan perangkat lunak untuk bisnis Anda tersebut.

2. Meningkatkan Potensi Penjualan

Berbagai program bisa Anda luncurkan melalui aplikasi. Salah satunya adalah program loyalitas yang nanti bisa Anda rancang agar para pelanggan tetap menggunakan mobile apps

Banyak cara yang bisa Anda terapkan untuk meningkatkan potensi penjualan. Salah satunya dengan menghadirkan permainan sehingga para pelanggan Anda akan memperoleh poin. Mereka bisa menukar poin tersebut dengan voucher atau bonus tertentu. 

Semakin sering pelanggan Anda memainkan permainan, semakin banyak voucher yang bisa mereka dapatkan. Secara bersamaan akan lahir para pelanggan yang loyal. Selanjutnya, penjualan produk Anda pun akan semakin meningkat.

3. Meningkatkan Loyalitas Konsumen

Fungsi perangkat lunak aplikasi berikutnya adalah membantu meningkatkan loyalitas konsumen. Mengapa demikian? Karena konsumen tinggal mengunduh perangkat lunak tersebut melalui Play Store atau App Store di smartphone miliknya. Setelah menginstalnya, konsumen tidak perlu lagi membuka pencarian di Google. 

Ini karena mereka cukup mengaksesnya lewat aplikasi yang di dalamnya juga tersedia banyak produk. Selanjutnya para konsumen Anda tersebut tinggal melakukan pembelian dan pembayaran online di satu aplikasi tersebut.

Kemudahan yang Anda tawarkan ini mampu membuat mereka loyal terhadap aplikasi dan bisnis Anda. Semakin banyak konsumen yang loyal maka bisnis Anda pun akan semakin berkembang.

4. Efisiensi Proses Bisnis

Ketika aplikasi bisnis sudah terintegrasi ke sistem purchasing, logistik, dan sebagainya, maka hal tersebut sangat membantu dalam membuat kinerja perusahaan menjadi efisien. Pada saat berlangsung transaksi lewat mobile apps, maka tim packing serta purchasing akan memperoleh informasi secara real-time.

Dengan begitu, proses kerja perusahaan Anda menjadi lebih efisien. Selain itu, adanya aplikasi tersebut juga meminimalisir adanya kesalahan manusia alias human error yang biasanya terjadi karena missed communication.

5. Menyediakan Persediaan secara Akurat

Fungsi berikutnya adalah aplikasi bisnis mampu menampilkan persediaan secara akurat. Perusahaan bisa lebih mudah ketika ingin tahu informasi penting berkaitan dengan aktivitas seperti pembukuan, stok, dan sebagainya.

Kemudian, Anda juga dapat membuat perbandingan stok di setiap bulan. Dari sini, Anda akan memperoleh HPP alias Harga Pokok Penjualan pada laporan keuangan yang dibuat nanti. 

Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan aplikasi untuk memberikan informasi seputar persediaan secara terperinci dan melihat apakah datanya cocok atau malah ada kecurangan.

Sudah Paham Fungsi Aplikasi pada Bisnis?

Seperti itulah pembahasan tentang fungsi aplikasi dalam sebuah bisnis. Untuk memudahkan proses bisnis Anda, saat ini ada jasa terpercaya dan berpengalaman bernama Vodea, sebuah jasa yang berfokus untuk mendukung layanan informasi dan transformasi digital.

Lewat Vodea.id, bisnis Anda akan mendapat dukungan profesional dalam upaya penerapan beragam teknologi canggih.