We are Vodea
Simplicity behind
digital transformation
We deliver impact for businesses through mobile, website,
and strategy.

5 Manfaat Pengembangan Aplikasi Menggunakan Agency

December 5, 2022
SHARE
project-image

Pengembangan aplikasi membawa perubahan besar pada berbagai aspek kehidupan. Mulai dari segi pertukaran informasi, pendidikan, kesehatan, bisnis, dan masih banyak lagi. Tak heran pengaruhnya yang besar untuk kehidupan sehari-hari, membuat para developer berlomba-lomba untuk menciptakan aplikasi terbaiknya.

Apa Itu Pengembangan Aplikasi?

Pengembangan aplikasi adalah proses pemecahan masalah dengan membuat kecerdasan buatan dari komputer, baik kecerdasan yang hanya mengikuti perintah, maupun kecerdasan buatan yang bisa mencari solusi permasalahannya sendiri (Artificial Intelligence).

Pada dasarnya seorang pengembang program komputer akan membuat serangkaian proses untuk menciptakan aplikasi. Di mana proses tersebut akan melibatkan banya pihak yang mencurahkan berbagai ide dan pengembang akan mengusahakannya untuk terwujud melalui aplikasi.

Tujuan Pengembangan Aplikasi

Pada dasarnya tujuan utama dari sebuah proses pengembangan aplikasi adalah untuk kemaslahatan bersama, yaitu memudahkan berbagai kebutuhan dan kegiatan manusia menggunakan aplikasi itu sendiri. 

Karena walaupun otak manusia lebih baik dari sebuah komputer, namun manusia sekelas Albert Einstein saja hanya memanfaatkan 7% dari potensi otaknya. Jadi, manusia tetap membutuhkan alat bantu yang bisa memudahkan segala kegiatannya.

Misalnya pada kegiatan transaksi pada sebuah bisnis. Jika Anda menghitung secara manual, pastinya Anda butuh waktu yang lama. Itupun masih akan ada risiko salah hitung dan menurunkan kepercayaan pelanggan. Namun, dengan adanya sebuah aplikasi kasir, Anda bisa mengurus transaksi dengan lebih cepat dan akurat.

Tahapan Pengembangan Aplikasi

Secara teori, proses pembuatan sebuah aplikasi akan melalui beberapa tahapan. Mulai dari perencanaan hingga maintenance, semuanya memerlukan campur tangan manusia. Secara sederhana, sebagai pengembang Anda akan melalui beberapa tahapan seperti:

1. Membuat Ide dan Perencanaan

Pada tahapan ini pengembang akan membuat ide atau permasalahan yang nantinya ingin dipecahkan dengan aplikasi. Membuat mind mapping dan mengumpulkan data adalah cara terbaik untuk langkah pertama ini. 

2. Menganalisa Kebutuhan atau Masalah

Setelah memiliki ide, langkah berikutnya adalah menganalisis apa saja yang user butuhkan dari aplikasi yang Anda buat. Singkatnya Anda menganalisa solusi apa yang bisa Anda berikan melalui aplikasi tersebut.

3. Membuat Desain dan Prototype Aplikasi

Langkah berikutnya dalam pengembangan aplikasi adalah membuat gambaran desain dan prototype. Pada tahap ini, Anda akan membuat proses bisnis, DFD, database, desain interface, dan berbagai kebutuhan lainnya.

4. Coding

Tahap selanjutnya adalah eksekusi source code dari gambaran yang sudah Anda buat. Proses penulisan ini bisa Anda sebut sebagai proses coding. Kuncinya adalah Anda memahami cara menerjemahkan perintah pada komputer dengan bahasa pemrograman yang Anda gunakan.

5. Tahap Pengujian

Setelah melalui tahapan coding, pastinya Anda harus melakukan pengujian terlebih dahulu. Tahapan ini akan dilakukan berulang dengan berbagai contoh kasus, hingga Anda menemukan formula atau aplikasi terbaik. 

Manfaat Pengembangan Aplikasi Menggunakan Agency

Membuat sebuah aplikasi, bukanlah hal yang mudah. Anda perlu pengetahuan dasar, skill, dan daya tahan yang cukup tinggi. Sebagian besar pengguna lebih memilih menggunakan agency untuk membuat aplikasi sesuai kebutuhannya. Apalagi dengan menggunakan agency, Anda bisa menikmati beberapa manfaat di bawah ini:

1. Mengurangi Waktu dan Tenaga Pada Proses Pengembangan

Ketika menggunakan jasa agency, Anda bisa lebih menghemat waktu dan tenaga pada proses pengembangan. Sehingga Anda bisa lebih fokus pada hal lain yang lebih urgent.

2. Menggunakan Aplikasi Sesuai Kebutuhan

Pada dasarnya sistem kerja agency dalam pengembangan aplikasi akan menyesuaikan apa yang client butuhkan. Sehingga aplikasi yang Anda pesan, sudah pasti memiliki kecocokan lebih tinggi daripada menggunakan aplikasi publik.

3. Meningkatkan Performa dan Kredibilitas 

Bagi pengguna, baik bisnis maupun perorangan, menggunakan aplikasi yang sesuai pastinya dapat meningkatkan performa dan kredibilitas. Hal tersebut terjadi karena kecocokan dan akurasi yang lebih tinggi, serta waktu pengerjaan kegiatan yang lebih singkat dan mudah.

4. Mengurangi Beban Finansial

Pada dasarnya proses pengembangan aplikasi membutuhkan keterlibatan banyak ahli, sehingga butuh budget yang besar jika Anda harus merekrutnya satu persatu. Namun, dengan menggunakan jasa agency, Anda bisa lebih berhemat. Bahkan beberapa agency menyediakan layanan maintenance yang akan lebih menguntungkan Anda.

5. Mengurangi Tingkat Stress

Ketika menggunakan jasa agency, tingkat stres Anda akan berkurang. Karena jika mengembangkannya sendiri, proses pembuatannya akan butuh waktu yang cukup lama. Belum lagi banyak hal lain yang harus Anda pikirkan dalam waktu yang sama. 

Sudah Tau Apa Itu Pengembangan Aplikasi dan Manfaatnya? 

Dari penjelasan tersebut, dapat Anda simpulkan bahwa pembuatan aplikasi bukanlah hal yang mudah. Sehingga menggunakan jasa agency seperti Vodea sudah pasti akan membuat beban pengembangan aplikasi menjadi sangat berkurang. Karena Vodea sendiri fokus untuk menciptakan sistem terbaik, untuk tiap kebutuhan kliennya.

Selain itu, jam terbang yang tinggi dari Vodea, serta tenaga ahli dari setiap divisi, pastinya akan membantu Anda menjalankan dan membuat aplikasi terbaik sesuai kebutuhan. Tak heran beberapa perusahaan ternama seperti Mayora, IKEA, Charm dan beberapa lainnya menggunakan jasa dari Vodea!